Filled Under:

Dosa - Dosa Besar dalam Islam


Kehidupan manusia didunia penuh dengan tantangan, godaan, dan cobaan dalam menjalani hidup dan kehidupannya. namun Islam mengajarkan dan memberi batasan tentang hal-hal yang dilarang atau dibolehkan sebagai pengatur kehidupan bagi kebaikan manusia dan akhirat. begitu juga dengan hal-hal yang dilarang atau diharamkan dalam Islam, juga sudah diajarkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW mengenai hal ini baik melalui Al-qur'an dan As- sunnah ( Hadits ) Nabi SAW, yang mana jika larangan-larangan ini dilarang akan menjadi dosa bagi hambanya yang melakukan dan berdampak kemudharatan ( kerusakan ) bagi kehidupan nya. Namun dalam tulisan ini saya tidak akan menyampaikan mengenai dosa-dosa kecil yang sering diperbuat oleh manusia melainkan dosa-dosa besar yang patut untuk kita tinggalkan, agar kita selalu mendapatkan keridhoan dan rahmat serta keberkahan hidup dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan dunia yang fana ini, Amiin ya robbal 'alamin. Berikut adalah pembahasan macam-macam dosa-dosa besar yang diajarkan dalam Islam. semoga bermanfaat.

Definisi Dosa-Dosa Besar ( Kabair )

Kabair adalah semua larangan Allah dan Rasulullah yang tercantum didalam Al-qur'an dan As sunnah, serta atsar ( dari para salafus shalih.

Allah SWT menjamin bagi siapa saja yang menjauhi dosa-dosa besar dan perkara-perkara yang diharamkan akan diampuni semua dosa-dosa kecil yang dilakukannya. Allah berfirman :

" Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu( dosa-dosamu yang kecil ) dan Kami masukan kamu ke tempat yang mulia ( surga ). ( QS. An Nisa : 31 )

Berdasarkan nash diatas, Allah menjamin surga bagi yang menjauhi dosa-dosa besar. Allah juga berfirman :



" Dan (Bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah merka memberi ma'af. (QS. As-syurah : 37 ).

Juga nash lain pada surat An-Najm : 32 :
" (Yaitu ) orang yang menjahui dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Rabbmu Maha Luas ampunanNya ". ( An-Najm : 32 )
Rasullulah SAW bersabda :

" Shalat lima waktu, shalat Jum'at, dan puasa Ramadhan menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di sela-selanya jika dosa-dosa besar telah dijauhi. ( HR. Ahmad, Muslim, At-tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah )

Adapun menurut para Ulama terdahulu berbeda pendapat mengenai penetuan jumlah kabair ini . namun berdasarkan dalil-dalil hadits Nabi SAW yang menguatkan, para Ulama mengambil kesimpulan bahwa kabair itu ada sebanyak 70 jenis dosa-dosa besar yang harus ditinggalkan oleh kaum muslimin, berdasarkan sabda Rasullullah SAW :

" Jauhilah tujuh perkara yang merusak !" Lalu Beliau menyebutkan, "Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali karena alasan yang dibenarkan, memakan harta anak yatim, memakan riba, meninggalkan medan perang, dan menuduh wanita mukminah baik-baik telah berzinah " ( HR. Bukhari, Muslim, Abu Awanah, dan An-Nasa'i dari Abu Hurairah ).

Ibnu 'Abbas radhiallahu hanhu berkata, " Kabair itu jumlahnya lebih dekat kepada tujuh puluh dari pada kepada tujuh. ".

Pendapat yang benar dan dilandasi dengan dalil menyebutkan bahwa siapapun yang melakukan perbuatan dosa yang memiliki had didunia seperti : membunuh, berzina, mencuri atau yang pelakukan mendapat ancamn, kemurkaan, serta laknat dari Rasullullah SAW di akhirat. maka perbuatan itu termasuk kabair. Harus diterima pula bahwa kabair yang satu bisa lebih besar dibandingkan dengan kabair yang lain.


Sumber : Kitab Al Kabair ( Dosa-Dosa Besar ) karangan Imam Adz- Dzahabi. diterjemahkan oleh Abu Zufar Imtihan Asy- Syafi'i, diterbitkan oleh Pustaka Arafah.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright @ 2013 Belajar, Beramal, dan Menyampaikan tentang Islam.